Program Beasiswa ke Korea

Seiring dengan berkembangnya budaya Korea di Indonesia, banyak orang yang ingin berwisata ke Korea atau bahkan melanjutkan studi ke Korea. Tetapi biaya yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Oleh sebab itu, banyak teman-teman yang ingin mencoba melalui jalur beasiswa. Mudah-mudahan dengan post aku ini bisa memudahkan teman-teman untuk melakukan pilihan.

Beasiswa dari Pemerintah Korea
Korean Government Scholarship Program  for Graduate Course (KGSP)
Kandidat: Berbagai negara
Jurusan: Semua jurusan
Program: S1 (4 tahun), S2 (2 tahun), S3 (3 tahun)
Biaya yang ditanggung: Tiket pesawat bolak balik, biaya pendidikan, biaya hidup, biaya research, asuransi
Program beasiswa dari pemerintah Korea ini mewajibkan peserta untuk mengambil kelas bahasa Korea selama 6 bulan – 1 tahun sebelum memulai kuliah. Hal ini disebabkan karena kelas belajar-mengajar dilakukan dalam bahasa Korea. Persaingan beasiswa KGSP ini juga cukup ketat lho. Kuota yang tersedia untuk masing-masing negara tidak banyak.
Untuk informasi lebih lanjut bisa langsung membuka website resmi NIIED.

Beasiswa dari Universitas di Korea
Program beasiswa ini merupakan program universitas-universitas tertentu di Korea.
Kandidat: Berbagai negara
Jurusan: Semua jurusan
Program: S2 (2 tahun), S3 (3 tahun)
Biaya yang ditanggung: Biaya Pendidikan
Persyaratan untuk mendapatkan beasiswa ini berbeda-beda, tergantung dari ketentuan masing-masing universitas. Kesempatan untuk mendapatkan beasiswa ini lebih besar dibandingkan dengan KGSP, karena kuota yang lebih banyak. Akan tetapi, peserta harus menanggung biaya hidup sendiri karena tidak mendapatkan bantuan biaya dari kampus. Biasanya solusi yang dilakukan yaitu menjadi asisten professor atau membantu sebuah project di kampus. Salah satu universitas yang menawarkan beasiswa ini adalah Korea University, KAIST,Korea National University of Arts, dll.
Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) juga memberikan program beasiswa yg meliputi biaya biaya sekolah, biaya hidup sehari-hari dan tiket pesawat.
Korea University website
KAIST website

Beasiswa dari Lab/Professor
Program ini biasanya langsung apply langsung ke professor, jadi peserta akan langsung diinterview oleh professor. Syarat dan peraturan ini juga tergantung dari tiap-tiap professor. Besarnya biaya subsidi juga tergantung dari hasil interview dengan professor. Beasiswa ini bisa didapatkan dengan cara mencari terlebih dahulu jurusan apa yang teman-teman minati, lalu setelah itu lalu menghubungi professornya langsung.

Beasiswa dari Pemerintah Indonesia
Pemerintah Indonesia juga menawarkan bantuan beasiswa untuk melanjutkan studi di luar negeri seperti: LPDP, Dikti, dll.
LPDP merupakan program beasiswa dari Kementerian Keuangan. Peserta harus melewati beberapa tahap seleksi sebelum dinyatakan lulus untuk mendapatkan beasiswa. Biaya yang ditanggung: biaya pendidikan, biaya hidup, book allowance, settlement allowance. Setelah menyelesaikan pendidikan di luar negeri, peserta diwajibkan untuk mengabdi kembali ke Indonesia. Tetapi ini tidak mewajibkan peserta untuk harus kembali ke Indonesia. Misal: Peserta diperbolehkan untuk tetap tinggal di Korea untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan Indonesia, walaupun sudah menyelesaikan pendidikan di Korea.
LPDP website
Dikti website

Masih banyak lagi program-program beasiswa lain yang bisa didapatkan, seperti beasiswa dari perusahaan atau organisasi. Dan setiap program mempunyai persyaratan yang berbeda-beda.
Well, hope this will help you guys. Enjoy and don’t forget to follow me on instagram for more update ๐Ÿ™‚

1 Comment

  1. Lisa March 2, 2016 at 12:48 pm

    Hey there^^
    my name is Lisa and i want to know how did u get this scholarship? or did u pay the school fee by urself? did u take your bachelor degree or your master? is it possible if i want to take my bachelor degree in SNU after i’m finishing my high school? lots of questions ใ…‹ใ…‹ใ…‹ใ…‹ใ…‹ใ…‹ใ…‹ใ…‹

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *