Pacaran di Korea

Pacaran itu susah-susah gampang. Banyak hal-hal baru dari pasangan kita yang harus selalu dipelajari. Apalagi kalo ternyata pasangan kita bukan dari Indonesia, masalah perbedaan culture juga harus dihadapi. Kebiasaan-kebiasaan dating di setiap negara itu beda-beda lho. Yuk kita cari  tau, gimana kebiasaan pacaran di Korea!

Blind Date
Di Korea, orang ketiga berperan sangat penting dalam mempertemukan dua sejoli <3. Biasanya orang ketiga ini yang membantu proses perkenalan di awal, misal: menunjukkan foto pria & wanita, setelah mereka setuju untuk blind date (sogaeting), tukeran no hp pun akan terjadi. Selanjutnya, terjadilah 😀 Biasanya di awalin dengan komukasi via phone selama beberapa hari, lalu janjian untuk ketemuan.
Ada beberapa “jenis” sogaeting di Korea:
미팅 (meeting): ini biasanya dilakukan oleh mahasiswa/mahasiswi (teman-teman yang masih muda 😀 ). Jadi beberapa cewe dan beberapa cowo ketemuan untuk saling memperkenalkan diri dan hang out.
선 (seon): orangtua yang meng-arrange sogaeting. Ini biasanya lebih serius, karena dari awal pertemuan sudah membahas soal pernikahan.

Gantian Bayar
Kebiasaan bayar-membayar buat couple di Korea juga sedikit berbeda lho. Ketika pergi ng-date lebih dari satu tempat, misal: nonton, cafe, dessert shop biasanya 1 orang gantian traktir di setiap lokasi. Tapi, ini balik lagi ke masing-masing pasangan. Ada juga pasangan yang cowo selalu traktir cewe nya, atau ada juga cewe yang tetap ingin share bagiannya.

Punya Barang Kembar
Kalo kalian sering mengikuti berita-berita K-Pop idol yang ketahuan dating, kebanyakan dari mereka tertangkap dari couple things. Punya benda yang sama merupakan hal yang biasa di Korea. Kembaran tas, sepatu, anting, baju, kaos kaki, casing hp, dll.


Menghitung Hari
Salah satu kebiasaan unik di Korea lainya, yaitu menghitung setiap 100 hari setelah jadian. Jadi pasangan Korea selalu merayakan 100, 200, 300, 500, 1000 hari-an. Bahkan, salah satu website terkenal di Korea, Naver, menyediakan kalender yang membantu couples untuk mengingat dan menghitung sudah selama berapa hari mereka jadian.

Gentleman
Pria biasanya suka menunjukkan sisi gentleman-nya di depan pacarnya. Ini juga sama dengan cowo-cowo Korea pada umumnya. Jadi ga heran, kalo di Korea sering liat cowo Korea nenteng tas cewenya yang cute dan berwarna pink. Mereka juga pastinya selalu bukain pintu mobil, mengantar cewenya sampe bus stop, bantu untuk mengikat tali sepatu, dll.

Post ini aku tulis berdasarkan hasil pengamatan dengan teliti dan seksama selama 2 tahun ini aku tinggal di Korea. Jadi ini benar-benar berdasarkan pendapat pribadi, and made just for fun 😀

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *